Romeo and Juliet, Romansa Mitos Berfakta ala Verona


dsc00535
Kisah Romeo dan Juliet adalah simbol romantika yang melegenda yang tidak habis-habis menjadi buah bibir orang sedunia. Bagi penggemar dramaShakespeare ini maka balkon Romeo dan Juliet serta kota Verona adalah tujuan penyelidikan yang perlu disambangi. Mungkin anda juga penasaran berat.. apakah pasangan romantis tersebut benar-benar ada?
Cerita ini dibuat terkenal oleh dramawan Inggris William Shakespeare dalam drama Romeo dan Juliet celebre, tetapi novelnya sendiri pada awalnya ditulisoleh penulis Vicenza Luigi Da Porto (1485-1529), dan diterbitkan di Veneziapada pertengahan tahun 1500-an.
william-shakespeare-verona1
Alkisah legenda ini berlatarkan kehidupan awal tahun 1300-an. Berceritatentang dua kekasih muda yang tidak diizinkan oleh keluarga masing-masinguntuk mencapai impian cinta mereka.
Akhirnya, setelah melewati suka dan duka pertentangan kedua keluargamereka membuat keputusan untuk melarikan diri bersama-sama ke kotaMantua. Klimaksnya terjadi pada saat Juliet meneguk ramuan obat bius, berpura-pura tewas untuk memungkinkan Romeo datang ke makam dan pergi membawanya. Namun ketika Romeo sampai ke makam ia bunuh diri putus asa, berpikir kekasih yang dicintainya telah matiKetika Juliet terbangun, iatersadar akan tragedi ini dan akhirnya ia pun menusuk jantungya.
Dua kekasih ini berasal dua keluarga yang paling berpengaruh di Verona,Montecchi dan Capuleti. Keluarga tersebut benar-benar ada di Verona padaawal 1300-an, dan konflik antara mereka benar-benar terjadi kala itu dan berseteru hebat sebagai musuh bebuyutan.
dsc005332
Ini adalah fakta yang sempat diterima atas semua cerita ini. Bahkan penyairTuscan Dante, yang telah tinggal di Verona pada masa keluarga Capuleti danMontecchi, menyebutkan dua keluarga tersebut dalam bukunya DivineComedySelainnya, Romeo dan Juliet hanya legenda dan tidak ada dokumensejarah yang mendukungnya.
Tetapi cerita kadang-kadang lebih kuat dari pada sejarah. Ceritaperlambangan kekuatan cinta hingga  ke kematian tersebut sudah terlanjur melekat berkat legenda William Shakespeare. Dan Verona sang ibu kota musikdan puisi adalah kota yang memegang setting mitos romansa fiktif ini.
dsc004601
Pusat sejarah kota Verona, Italia, arsitekturnya ditandai dengan struktur kotaabad pertengahan namun sangat romawi, berbekas guratan masa renaissance abad ke-17. Selain struktur perkotaan berupa tembok tinggi dan arena berciriroman ada juga beberapa gerbang kota seperti Porta Leoni dan Porta Borsarisebagai penanda jaman romawi.
dsc00463
Setiap tahunnya, jutaan pengunjung pergi ke Verona - kota keempat Italiayang paling sering dikunjungi, dan kedua di Utara setelah Venice. Umumnya pelancong tersugestif menuju plaza yang terletak di pusat kota, hanya untukmelewati Arena tempat gladiator dan mengambil gambar di balkon Romeo danJuliet, serta meninggalkan tulisan dan surat-surat mereka di tembok rumahJuliet. Kisah Romeo dan Juliet sepertinya memiliki pesona yang tetap kuatapabila melihat ribuan orang menulis surat kepada Juliet setiap tahun darimana saja di dunia.
dsc00510
Rumah Juliet adalah bangunan tahun 1200an, merupakan peninggalan berharga dari arsitektur gothic. Bila masuk ke dalam rumah bisa terus naik kebalkon yang terkenal. Sebenarnya, balkon adalah satu-satunya bagian yangcukup baru di bangunan ini, dibangun tahun 1937 untuk kepentinganpariwisata, dalam rangka memperingati renovasi rumah.
dsc00513
dsc005161
Di bagian sisi dalam (di bawah balkon) ada “halaman romantis” biasanya banyak kerumunan wisatawan melihat balkon atau masuk ke museum dalam rumah Juliet. Mereka biasanya menuliskan sesuatu di tembok pintu masuk, umumnya mengambil foto balkon dan beradegan foto memegang dada patungperunggu Juliet. Ini adalah tradisi / kepercayaan lama untuk mendapatkeberuntungan terutama dalam hal cinta.
dsc00534
Kota Verona memang unik karena menjual citra legenda dan simbol sejarah dalam satu paket yang dikemas rapi. Cerita Romeo dan Juliet tentunya hanya salah satu sisi pertaruhan image kota, masih banyak tempat-tempat lainnya yang berkonsep berbeda misalnya arena gladiator, benteng dan bangunan berasitektur romawi lainnya.
dsc00536
Verona sangat sibuk dengan lalu-lalang turis yang tidak terputus sepanjang tahun. Turis datang cukup dengan seharian melintasi kota dan menikmati suasana, makanan, souvenir yang seluruhnya bernuansa romantis, dan tentunya objek wisata lainnya belatar alam dan bangunan romawi yang bersejarah. Sungguh sebuah industri pariwisata yang kokoh, terbangun oleh legenda pemfaktaan mitos dengan struktur kota abad pertengahan dan berlatar arsitektur romawi kuno kota Verona.
dsc005141
Jutaan pesan & nama tertulis di tembok rumah Juliet, dari dasar hingga langit-langit bak lukisan abstrak
228271_1937771958510_1068691817_2267179_6190047_n
(Tulisan di tembok rumah Romeo : oh where is Romeo.. I have lost myself, I am not here, this is not romeo, he’s some other where)
227122_219654844717059_100000176351031_1023005_1332013_n
dsc00518

Blog Archive