Makanan Pengganti Rokok

http://images.detik.com/content/2011/07/14/766/rokok3-ts-dlm.jpg


Memang tidak mudah untuk membuat pecandu benar-benar berhenti merokok. Efek balikan yang kuat membuat perokok balik lagi menghisap batang 9 cm itu. Tapi beberapa makanan bisa membantu Anda mengurangi efek balikan. Apa saja?

Nikotin yang sangat adiktif dapat memicu gejala balikan (withdrawal) pada orang yang baru saja berhenti merokok, sehingga menyebabkan orang sering gagal dalam upaya berhenti merokok.
Ada banyak cara untuk melawan efek balikan tersebut, seperti koyo nikotin, hipnotis dan beberapa resep obat. Tapi ternyata tidak banyak yang tahu bahwa makanan juga dapat membantu.
Berikut beberapa makanan yang dapat membantu Anda berhenti merokok, seperti dilansir Lifemojo :


1. Susu dan produk susu
Susu adalah salah satu makanan yang menyediakan nutrisi yang komprehensif untuk tubuh. Tapi tak banyak orang yang tahu bahwa susu juga dapat membantu Anda berhenti merokok.
Dukes University mengungkapkan bahwa perokok yang minum segelas susu sebelum merokok tidak akan menyukai rasa rokok mereka. Mereka mengeluh karena rasa rokok tiba-tiba menjadi pahit. Anda juga bisa mencelupkan rokok ke dalam susu dan biarkan mengering. Ini akan membuat rasa rokok menjadi tidak enak di mulut.


2. Sayuran tertentu
Beberapa sayuran seperti seledri, timun dan terong juga meninggalkan rasa pahit jika dimakan sebelum merokok. Selain itu, beberapa ahli menyatakan bahwa makan banyak sayuran ini dapat mengurangi intensitas ketergantungan nikotin.
Namun, sayuran yang manis seperti kacang dan jagung dapat meningkatkan keinginan Anda dengan merangsang area otak yang bertanggung jawab untuk kesenangan dan kepuasan.


3. Jus jeruk
Rokok merampok pasokan vitamin C dari tubuh, membuat Anda kekurangan vitamin C yang mengisinya dengan nikotin. Jadi jika Anda ingin menendang cepat kebiasaan merokok, mulai minum jus jeruk lebih banyak atau makan lebih banyak buah seperti jeruk, lemon dan delima yang dikemas dengan vitamin C sebagai pembangkit tenaga.


4. Garam
Setiap kali Anda berkeinginan untuk merokok, Anda harus makan sesuatu yang asin atau menjilat sedikit garam dengan ujung lidah. Ini dapat membunuh dorongan Anda untuk merokok.


5. Ginseng
Ginseng telah terbukti untuk mencegah pelepasan nikotin yang diinduksi dari dopaminneurotransmitter. Seharusnya tidak digunakan sehari-hari tetapi dapat digunakan 3-4 kali sebulan.


6. Permen karet
Mengunyah permen karet bebas gula ketika Anda memiliki keinginan untuk merokok adalah cara yang baik untuk menjaga mulut tetap ‘sibuk’.

Source: http://www.bionaturally.net/2012/01/ini-dia-makanan-pengganti-rokok.html#ixzz1oMEMQxU3

Blog Archive